Yuk Menulis!

yuk menulis!

When the ideas come over you, just write it down…

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Menuangkan ide, gagasan, perasaan dan opini kita dalam bentuk tulisan adalah salah satu hobi yang saya senangi. Menyenangkan, karena ketika saya menulis saya merasa bebas mengekspresikan apa yang saya dengar, lihat dan rasakan.

Saya bebas mengungkapkan dengan gaya saya, dengan tetap memperhatikan rambu-rambu menulis yang baik tentunya. Menyenangkan, ketika membaca kembali tulisan yang telah rapi dibuat.

Sebagian orang ada yang merasa kesulitan mengungkapkan apa yang mereka pikirkan lewat tulisan. Contohnya suami saya, paling tidak bisa kalau harus membuat tulisan yang panjang dan merangkai kata-kata. Sedangkan istrinya ini suka sekali menulis. Menulis apa saja, selama itu bermanfaat.

Waktu pertama kali melihat blog ini saja beliau masih tidak habis pikir, bagaimana saya bisa membuat blog ini, merangkai kata sedemikian panjangnya. Mengisinya dengan tulisan dan artikel yang sebagian besar merupakan tulisan saya sendiri. Karena memang minat dan mungkin bakatnya bukan di bidang tulis-menulis.🙂

Kadang ada juga yang takut menulis, khawatir tidak sesuai dengan kaidah menulis yang benar. Padahal kalau buat saya pribadi sih, sederhana aja. Kelancaran dalam menulis itu soal kebiasaan.

Semakin sering kita menulis, semakin lancar pula kita menuangkan apa yang ada di kepala ini dalam bentuk tulisan. Semakin banyak kosa kata yang kita kenal kemudian sampailah kita pada suatu titik puncak, yaitu kepuasan dan keasyikan dalam menulis..

Sedari kecil saya memang sudah jatuh cinta dengan rangkai-merangkai kata. Dan berdasarkan pengalaman saya, kepiawaian menulis itu erat kaitannya dengan kebiasaan membaca.

Waktu kecil, buku dan notes kecil adalah sahabat setia kemanapun saya pergi. Jadi juara kelas, saya minta dihadiahi buku saja, bukan makanan atau jalan-jalan. Pulang kampung ke rumah embah, saya selalu mencari buku bacaan sebagai teman pengisi waktu di perjalanan.

Pernah di stasiun Pasar Turi Surabaya,  saya minta dibelikan buku cerita dulu sebelum naik kereta. Akhirnya Bapak mengantar saya ke kios buku di samping stasiun, demi memenuhi keinginan saya. Hihi, maaf ya Pak sudah merepotkan.

Orang tua sangat berperan dalam mendukung hobi saya membaca dan menulis. Di rumah ada perpustakaan mini, karena Ibu dan Bapak juga suka membaca. Kata Bapak, buku itu jendela ilmu. Semakin banyak baca, semakin banyak tahu.

Bookstore, library, stationery sampai kios buku bekas jadi tempat paling menyenangkan bagi saya. Saya betah berjam-jam menghabiskan waktu di Kwitang, Senen, surganya para pecinta buku.

Oh, how I long to be there again. Terakhir saya dengar, tempat itu sudah bersih, sudah ditertibkan. Hiks, sedih juga..

Kembali ke kebiasaan menulis, saya teringat perkataan seseorang, “suka membaca belum tentu bisa menulis, tapi bisa menulis biasanya karena suka membaca..”

Mungkin ada benarnya juga. Dengan sering membaca maka kita akan sering mengamati gaya bertutur si penulis (ya, tiap penulis memiliki gaya khas mereka sendiri), pemilihan kata, penyusunan kalimat dan teknik-teknik menulis lainnya. Yang tentunya akan menambah pengetahuan kita tentang teknik menulis yang baik.

Ketika ide itu datang, menulislah. Bebaskan kata-kata itu mengalir. Kesampingkan dulu masalah kaidah menulis yang baik, yang penting bagaimana caranya ide itu bisa kita bagi pada orang lain dalam bentuk yang berbeda.

Buat saya, ide yang datang tiba-tiba itu seperti arus yang sulit dibendung. Some ideas don’t come twice, so just write it down right away. Gregetnya itu loh, yang tidak bisa dijelaskan.

Writing is one of my passion in life, obviously. Contohnya blog ini, adalah wadah aktualisasi diri bagi saya untuk menuangkan ide-ide, mengasah keterampilan menulis dan membagi informasi dengan sesama.

Saya tidak begitu mementingkan rank, hits atau berada di halaman awal situs pencarian google. Itulah tujuan saya membuat blog ini. Menulis, ngeblog adalah sebuah kebutuhan.

Like I’ve said, I write to express, not to impress.

Dan di dunia yang serba copy-paste ini, karya bisa dicuri, namun ide dan kreatifitas tidak. Setuju?

Selamat menulis ~!🙂

~ Jakarta, just another side of me, July 2011.

© aisyafra.wordpress.com

[ image source: Tumblr ]

3 thoughts on “Yuk Menulis!

  1. Pingback: Dunia Kecil Itu Bernama Jurnal Harian | So Which Blessings of Your Lord Will You Deny~?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s