‘Keikhlasan’ Dalam Ngeblog

Writing is my hobby.jpg

“We all have some sort of hobby or favorite activity. And writing is one thing I always love to do in my leisure. My writing, my thoughts.”

Ketika blogwalking beberapa waktu yang lalu, tak sengaja saya menemukan postingan di sebuah blog yang isinya sangat menarik. Postingan yang juga sebuah pengumuman bagi seluruh pengunjung blog tersebut. Isinya kurang lebih menumpahkan kekecewaan si pemilik blog kepada para pengunjung yang enggan memberikan komentar berupa masukan di postingan-postingan yang ia buat. Perlu diketahui, blog ini cukup up to date memposting artikel, kadang sepekan bisa beberapa kali. Dan traffic-nya pun boleh dibilang cukup tinggi, karena link-link download aplikasi yang disediakannya sering diunduh para pengunjungnya. Singkat kata, blog tersebut sering dikunjungi tapi jarang ada yang berkomentar.

Si penulis ceritanya ‘ngambek’  karena para pengunjung hanya mendownload aplikasi yang disediakan saja, tanpa memberikan masukan dalam bentuk komentar atau semacamnya. Ia bahkan ‘mengancam’ akan berhenti membuat postingan tentang aplikasi-aplikasi tersebut dan beralih konsep mengupas hal lain, meski masih di blog yang sama. Berbagai komentar masuk merespon tulisan tersebut, ada yang menyemangati supaya terus nge-blog, menyayangkan keputusannya untuk beralih konsep, ada juga yang mencibir sikapnya yang menurut si pemberi komentar, terlalu kekanak-kanakan.

Namun ada beberapa komentar yang membuat saya manggut-manggut, seperti yang saya kutip sebagiannya berikut ini:

“Hehehehe… Ternyata tujuan kita ngeblog beda ya mas. Jujur aja, aku ngeblog karena aku hobi. Soal postingan di blog-ku, mau dikomentari ya syukur, gak juga gapapa. Soal aplikasi yang aku share, jika bermanfaat bagi orang lain, syukur. Mau download tanpa say thanks to me or other, that’s no problem. Itu ngeblog menurut pendapatku. “

“Kita sharing tentang apa yang kita punya dan saya pribadi hanya mengabadikan sesuatu yang mungkin dapat dibuka anak atau cucu kita kelak.”

Jujur, saya jadi tergelitik untuk menilik kembali apa sih tujuan saya ngeblog? Apa cuma iseng saja, sekedar hobi, atau ingin dikenal banyak orang sebagai seorang blogger. Tujuan orang membuat blog memang berbeda-beda. Tak harus sama satu dan lainnya. Lalu, bagaimana dengan saya? Apa tujuan sebenarnya membuat blog ini?

Demam blogging sebenarnya sudah lewat beberapa tahun yang lalu, saya kira. Ketika tiap orang berlomba-lomba ngeblog, saya belum tertarik, masih setia menulis di “my daily journal”  alias jurnal pribadi saya. Semuanya saya tumpahkan disana. Perasaan sedih, senang, kecewa, peristiwa-peristiwa penting bahkan impian dan detail planning hidup ke depan. Selain itu saya juga hobi menulis note di Facebook, berbagi dengan teman-teman saya di jejaring sosial tersebut.

Kemudian terlintas dalam benak saya, bagaimana jika seandainya Facebook ditutup oleh pemiliknya, dan seluruh data hingga note-note saya juga dihapus, seperti yang terjadi pada Friendster beberapa waktu yang lalu? Saya bahkan tidak punya salinannya. Mulailah saya berpikir untuk memindahkannya ke tempat yang lebih ‘aman’. Tapi jika hanya dipindahkan ke komputer saja, tidak dapat bermanfaat bagi orang lain kecuali saya, pikir saya waktu itu. Lalu terlintaslah ide untuk membuat blog itu. Begitu saja, tanpa rencana. Bahkan pemilihan nama dan judul blog sekedar spontanitas saja. Dan semua proses itu, dari mulai register hingga memilih tema dan memindahkan postingan saya lakukan dari ponsel Java Nokia 6303i  kesayangan saya berbekal browser Opera Mini.  Bukan dari komputer.

Satu demi satu tulisan saya pindahkan, dengan pengetahuan yang samasekali nol tentang manajemen blog. Apa itu widget, cloud tag, cara insert image dan lain-lain. Saya tak mengerti caranya, tapi saya ingin bisa. Akhirnya berbekal browsing sana-sini mulailah saya bereksperimen, mengutak-atik blog agar lebih menarik. Ya, saya memang masih sangat pemula. Usia blog ini baru 7 bulan jalan..

Kembali ke tujuan awal ngeblog, selain hobi, ya.. saya menulis memang untuk berbagi. Agar tulisan-tulisan saya dapat bermanfaat sebanyak-banyaknya bagi orang lain. Apa sih gunanya ngeblog jika tidak bermanfaat bagi orang lain? Sama saja kita nulis diary dong. Dan seperti salah satu komentar di atas, mau ada yang komentar syukur, gak ada juga gapapa..

Selama tulisan-tulisan saya dapat memberi informasi bahkan menginspirasi mereka yang membacanya, itu sudah cukup. Saya tidak terlalu mengutamakan rating, komentar atau terindeks di halaman awal mesin pencari. Blog saya toh cuma personal blog biasa, bukan blog bisnis. Perhatian pengunjung dalam bentuk komentar baik yang berupa kritik maupun saran memang berarti bagi saya, tapi tidak seharusnya hal tersebut mempengaruhi bahkan mengendurkan semangat untuk ngeblog. Kembali lagi ke tujuan awal, apa sih tujuan ngeblog?

Kalau kata sebagian blogger, ‘ikhlas’– lah dalam ngeblog. Ada atau tidaknya komentar, vote, rate dalam tiap postingan, tetaplah semangat mengupdate blog. Belum tentu blog dengan traffic tinggi menjamin blog tersebut bagus isinya. Belum tentu juga blog yang sepi komentar berarti kurang berbobot. Pengunjung rata-rata lebih memperhatikan kualitas konten dibanding penampilan sebuah blog. Ini kata mereka yang sudah senior lho, yang sudah berpengalaman dan memiliki ‘jam terbang’ tinggi. Apalah jika dibandingkan blog ini yang masih bau kencur alias blog kemarin sore, hehehe..

Ngeblog juga membuka cakrawala saya akan hal-hal dan pemikiran baru, dari sudut pandang yang berbeda. Yang saya sangat rasakan ketika berkunjung ke blog teman atau sekedar jalan-jalan antar blog saja. Blogwalking itu seru, karena seperti menjelajahi isi kepala tiap blogger dengan cara yang menarik. Ngeblog juga menjadi ajang silaturrahmi dan persahabatan. Bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru, memperluas wawasan dan pergaulan.

Tiada gading yang tak retak. Tentu saja, blog ini masih sangat banyak kekurangan disana-sini, maklum masih nubie. Saran berupa masukan akan sangat berarti, bagi perbaikan ke depan. Namun jika tidak berkenan menuliskan beberapa baris komentar di blog inipun tak masalah. Karena saya ingin ikhlas dalam ngeblog. Karena ngeblog itu adalah kebutuhan, bukan tuntutan apalagi hanya ingin cari ketenaran.

Salam persahabatan, bloggers!🙂

~ Jakarta, January 2012.. when the minutes linger to midnite.

[image source: Google]

3 thoughts on “‘Keikhlasan’ Dalam Ngeblog

  1. bismillaah…. senang dengan tulisan di atas.. hmmm kalau saya apa ya tujuan saya ngeblog??? awalnya sekedar tertarik dg teman2 blogger di fb yg memperkenalkan blog mereka…. ishhhh cantik2, isi dan tampilannya, lalu pd th 2009 sy cb buat jg, tpi kok kyknya susaaah bgt yg bt blog itu, bingung… akhirnya blog itu vakum ut hampir setahun, tak lama kembali tmn2 blogger di fb ramai sdg membahas cara mempercantik blog…akhirnya kembali tergerak ut lbh tau^^, mulailah bljr otodidak gmn buat rmh yg cantik dl di blogspot, dan setelah berhasil…eh maksudnya stlh sdikit mulai kelihatan cantik, barulah semangat ut mengisinya muncul, kebanyakan sih copas ut yg di blogspot. lalu tertarik ut buat di wp, ini khusus ut nulis ttg aku, my family,dll, yg remeh2 aja sihhh :p, sampai akhirnya nemu blog anti yg catik ini, dan ikut tertarik gunain theme yang sama ^^v, gpp kan ukh?

    jujur sih senang kalau ada yang komentar,…krn seperti menambah semangat,,,hihi, tapi kalau tak ada pun tak apa, yg penting aku punya blog… kamuuu???

    salam persahabatan!!!

    • ^^ syukron dah sharing ukhty, senang ya rasanya punya teman2 sesama blogger, saling bersilaturrahmi dan insya Allah dapat memetik banyak manfaat. Btw ini blog pertama saya, mudah2an untuk seterusnya bisa terurus dengan baik, semoga istiqomah, hihihi. Silahkan ukh, theme ini kan punya WP🙂
      Mohon saran dan kritikannya selalu ya, trimakasih dan salam persahabatan!🙂

  2. Pingback: Dua Tahun di WordPress :) | So Which Blessings of Your Lord Will You Deny~?

Leave a Reply

