Pelajaran Dari Sebuah Pertanyaan

tabligh akbar ~ istiqlal

Ketika menghadiri tabligh akbar di masjid Istiqlal kemarin, di sesi tanya jawab saya dibuat haru oleh sebuah pertanyaan. Sebuah pertanyaan yang cukup menyentuh.. Yang mungkin tidak hanya bagi saya, tapi juga seluruh ikhwah fillah yang hadir di tempat saat itu atau yang menyimak langsung lewat media lain.

Tentang seorang pendeta di pedalaman Kalimantan yang biidznillaah  memeluk Islam setelah membaca sebuah buku karya Syaikh Abdur Razzaq bin Abdil Muhsin al Badr  yang berjudul Sebab-Sebab Datangnya Kebahagiaan.  Yang Tabligh Akbarnya juga pernah diselenggarakan di Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu.

Maa-syaa Allaah. Tak terasa saya seperti merinding sendiri. Apalagi suara di masjid yang menggaung saat itu menambah haru suasana.

Seseorang mendapat hidayah melalui perantaraan kita, melalui apa yang kita tulis, atas izin Allah. Bahkan meninggalkan millahnya yang penuh kesesatan demi memeluk agama yang haq ini.

Apalagi yang lebih membahagiakan dari itu?

“Demi Allah, Allah memberikan hidayah pada satu orang lantaran engkau, (itu) lebih baik bagimu daripada (mendapat) seekor unta merah.” (HR. Al-Bukhari no. 3009)

Pertanyaan sederhana yang penuh hikmah kemarin itu, cukup menjadi pengingat dan penyemangat. Pengingat agar apa yang kita tulis di berbagai media, bisa memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi yang membacanya.

“Tulis yang bermanfaat saja.”

Tidak hanya manfaat di dunia, tapi juga di akhirat.

Penyemangat, agar kita terus berkarya, terus maju pantang mundur menyebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya, menyerukan kebenaran sebisa kita, sesuai dengan kapasitas ilmu kita.. Walau hanya lewat sebuah tulisan sederhana.

Semoga apa yang kita —terutama saya— tulis selama ini, banyak membawa maslahat bagi yang menyimak. Sehingga kelak ketika telah tiada.. bukan penyesalan berkepanjangan yang didapatkan, melainkan amal jariyah yang terus mengalir selama ia bermanfaat bagi sesama.

Karena tulisanmu.. bisa menjadi amal jariyahmu.. atau bahkan dosa jariyahmu.

~ Jakarta, just a simple reminder, April 2013

©aisyafra.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s