Hiduplah Bersamanya dengan Qana’ah…

little bird house

Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rezeki yang secukupnya dan Allah menganugrahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezeki yang Allah berikan kepadanya.” (HR. Muslim no. 1054).

Ketika seseorang telah diberi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala qana’ah  dalam hidupnya berarti ia telah mendapatkan kebahagiaan yang banyak. Bagaimana tidak? Karena qana’ah adalah fokus terhadap pemberian Allah kepada kita, tanpa menyibukkan diri dengan pemberian Allah kepada orang lain.

Qana’ah adalah berbahagia dengan piring kita sendiri tanpa terpengaruh dengan penuh atau tidaknya piring orang lain. Hidup di dalam qana’ah berarti hidup di alam sendiri dengan menghadirkan segala limpahan rahmat Ilahi.

Lihatlah…

Istri Anda, anak-anak yang sehat, rumah yang layak dan pekerjaan yang tetap.. Bukankah itu mendatangkan rasa syukur yang tidak berkesudahan?! Tak bisakah Anda berbahagia dengan semua itu? Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam..

Dari Salamah bin Ubaidillah bin Mihsan al-Khatmi, dari ayahnya Radhiyallaahu ‘anhu, ‘Barangsiapa di antara kalian yang tenang dalam gubuknya, merasa sehat badannya dan ia punya makanan pada hari itu, maka seakan-akan ia telah memperoleh dunia dengan segala isinya…'”. (HR. Tirmidzi no. 2268 dan Ibnu Majah no. 4131 dan dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahihah no. 2318)

~ Disalin dari sebuah bab dalam buku Buhul Cinta karya Ustadz Armen Halim Naro Rahimahullah

© aisyafra.wordpress com

[ image source: Pinterest ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s