The Power of Basmalah

bismillaah

Kemarin sore, waktu menyelesaikan lipatan bawah gamis, tiap kali menjahit bagian yang agak tebal, nggak tau kenapa benang atas selalu putus. Ketegangan benang atas bawah udah dikendorin, sekoci dan spul udah dicek,  jarum udah ganti.. tapi masih tetap aja putus. Waktu nyoba ganti jarum malah jarumnya patah.

Stress dong. Apa ya yang salah? Mana udah deket waktu Maghrib lagi. Duh..

Pas lagi termenung mikirin nasib dan hampir akan menyerah, baru inget kalo tadi mulai menjahit lupa belum baca bismillah (biasanya memang selalu baca). Habis baca bismillah, nyoba lagi kali aja ada keajaiban. Hehe. Pas ketemu bagian kain yang agak tebal, sambil dag-dig-dug nginjek dinamo..

Dan… kali ini subhanallah lancar jaya nggak pake putus.

There I was, speechlessly amazed. Nyoba terus ke bagian tebal lainnya, alhamdulillah lancar juga, nggak ada masalah. Padahal tadi udah diutak-atik berkali-kali dan nggak ada perubahan, tetap gagal. Masya Allah..

Jadi teringat kisah yang pernah saya baca beberapa tahun silam, lupa baca dimana.. Alkisah ada seseorang yang mengadukan tentang dagangannya yang sering sepi pembeli, kepada kawannya. Yang kurang lebih redaksinya seperti ini:

“Mengapa daganganku selalu sepi.. Padahal aku sudah mencoba bermacam cara untuk menarik hati pembeli..” keluh si Fulan.

“Apakah setiap memulai berdagang engkau membaca basmalah?” tanya kawannya.

“Aku tidak pernah membaca basmalah..” jawabnya.

“Coba mulai besok engkau membaca basmalah sebelum menggelar dagangan,” saran kawannya.

Selang beberapa hari mereka berdua bertemu kembali.

“Engkau benar wahai kawanku, sejak aku mengawali semua yang aku lakukan dengan basmalah, alhamdulillah kehidupanku jadi sedikit lebih baik. Daganganku pun tak lagi sesepi dulu. Terima kasih atas saranmu..” katanya dengan muka berseri-seri.

Membaca basmalah ketika hendak memulai sesuatu, kelihatannya kecil dan sepele.. Tapi besar hikmah dan keberkahannya dalam segala aktifitas yang kita jalani.  Di antara keutamaan basmalah yang saya kutipkan dari web muslimah.or.id adalah sebagai berikut..

Seuntai kalimat yang sangat mulia, begitu mudah dilafalkan serta mendatangkan keberkahan. Dengan basmalah Allah Ta’ala membuka kitabnya yang mulia, dengan basmalah pula pembuka surat Nabi Sulaiman kepada Bilqis, dan dengan basmalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam membuka surat-suratnya kepada para raja untuk mengajak mereka melakukan penghambaan diri hanya kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Dengan membaca basmallah semoga Allah melimpahkan kepada kita keberkahnnya serta melindungi kita dari keburukan setan.

Keutamaan Basmalah

  1. Membacanya dapat membuat setan menjadi kecil
    Imam Ahmad Hanbal dalam musnadnya meriwayatkan dari seseorang yang dibonceng oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam, ia berkata,
    “Tunggangan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tergelincir, maka aku katakan: ‘Celaka setan.’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Janganlah engkau mengucapkan ‘celakalah setan.’ Karena jika engkau mengucapkannya, maka ia akan membesar dan berkata: ‘dengan kekuatanku, aku jatuhkan dia.’ Jika engkau mengucapkan bismillah, maka ia akan menjadi kecil hingga seperti seekor lalat.’(HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani)
    Ini merupakan berkah dari ucapan “Bismillah
  2. Disunnahkan membaca basmalah sebelum memulai pekerjaan.
    Oleh karena itu disunnahkan membaca basmalah pada awal setiap ucapan maupun perbuatan. Disunnahkan juga membacanya pada awal khuthbah. Dan disunnahkan juga membaca basmalah sebelum masuk kamar mandi.
  3. Tidak sempurna wudhu sebelum membaca basmalah
    Berdasarkan hadist dalam musnad Imam Ahmad dan juga dalam kitab Sunan dari riwayat Abu Huraira, Sai’id bin Zaid dan Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhum. Secara marfu’, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    “Tidak sah wudhu seseorang yang tidak menyebut nama Allah Ta’ala (mengucap basmalah)” (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibn Majah, dan dishahihkan al-Albani)
  4. Membaca Basmalah sebelum jima’ kelak anaknya akan dijauhkan dari gangguan setan.
    Berdasarkan hadist dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Ibn ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    “Seandainya salah seorang dari kalian hendak mencampuri istrinya ia membaca : ‘Bismillah allahumma janibnasy syaithaana wa janibisy syaithaana maa razaqtanaa (dengan menyebut nama Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau anugrahkan kepada kami),’ maka jika Allah menaqdirkan lahirnya anak maka anak itu tidak akan diganggu oleh setan selamanya.”
  5. Menjauhkan rumah dari setan.
    Dari Jabir radhyallahu ‘anhu berkata, saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
    “Jika seseorang masuk kedalam rumahnya lalu ia menyebut Allah Ta’ala saat ia masuk dan saat ia makan, maka setan berkata kepada teman-temannya, ‘ tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.’ Dan jika ia masuk, tanpa menyebut asma Allah Ta’ala saat hendak masuk rumahnya berkatalah syaithan: ‘kalian mendapatkan tempat bermalam, dan apa bila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan,maka setan berkata : ‘ kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam.’” (Muttafaqun ‘alaih)

Demikian beberapa keutamaan Basmalah yang dapat kami sampaikan diantara keutamaannya yang banyak.

Allaahu yubarik fiikum..

 

~ Jakarta, after a long and hectic hours.. September 2014

[ image source: Pinterest ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s