Keep Focus. Keep on Track.

image

Along the journey to certain destination, all you have to do is: FOCUS, FOCUS and FOCUS.

Fokus pada tujuan.
Fokus pada impian-impian.
Fokus pada target yang ingin dicapai.
Fokus pada evaluasi dan perbaikan diri.
Fokus pada kekurangan dan hambatan yang ada.
Fokus pada solusi.
Fokus pada kritikan yang membangun, dan mengabaikan suara-suara yang tak lain hanya ingin menjatuhkan. Yang tak rela melihat kita maju dan melesat jauh di depan.

Everyone has his own battle. Everyone walks on his own path. Terus menerus membandingkan perjalanan kita yang baru belajar merangkak dengan mereka yang sudah lancar berlari adalah suatu ketidakadilan. Tidak adil bagi diri kita, juga bagi orang lain.

“There is no elevator to success, you have to take the stairs”.

Seringkali kita hanya terfokus pada hasil yang gemilang, tanpa berusaha menggali lebih dalam, bagaimana kesuksesan itu diraih. Kita tak pernah tahu segigih apa perjuangan mereka untuk ada di posisi mereka saat ini. Kita tak pernah tahu pengorbanan apa yang mereka lakukan. Kita tak pernah tahu, apa saja yang mereka alami untuk menjadi mereka yang sekarang duduk di hadapan kita.

Di balik sebuah kesuksesan, pasti ada perjuangan yang tak kenal lelah dan semangat yang pantang menyerah. Bersamanya ada air mata, rasa kecewa yang hampir berujung pada keputusasaan dan tekad yang kuat untuk kembali mencoba, lagi dan lagi. Nobody said it was easy, they just say it’d be worth it.

“Fall seven times, stand up eight”. (Japanese Proverb)

Keep focus, keep on track. Fokus pada perjalanan sendiri memudahkan kita untuk terus berbenah diri. Memudahkan kita untuk melihat kekurangan diri sendiri, tanpa harus selalu membandingkan dengan pencapaian orang lain.

Parameter kemajuan kita bukanlah kesuksesan orang lain. Kemajuan adalah perbaikan diri dari hari ke hari secara kontinyu dan berkesinambungan. Kemajuan adalah kita hari ini, lebih baik dari kita yang kemarin.

Kisah sukses dan pencapaian orang lain cukuplah menjadi bahan introspeksi, inspirasi dan spirit booster untuk berkarya lebih baik lagi dari hari ke hari, tidak lebih. Karena arti kata sukses bagi tiap orang, berbeda-beda.

The journey itself, never runs smooth. Masalah-masalah yang datang adalah tantangan, bukan hambatan. Mereka hadir dalam perjalanan kita untuk menempa mental kita sebagai seorang pejuang.

So when the obstacles coming your way (again), and you finally got through it all -with Allah’s help- just simply say:

“Thanks for making me a fighter!”šŸ™‚

~ Jakarta, on a silent and peaceful night of February 2015..

[ image source: Pinterest ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s