Allah Knows…

wedding gown

“Kok walimahannya nggak syar’i? Bukannya fulanah udah ngaji ya? Apa dia nggak pernah dakwah ke keluarganya?”

Dear ukhti.. Kondisi tiap orang berbeda. Ada yang Allah mudahkan untuk melangsungkan walimah secara syar’i (seperti saya dulu, alhamdulillah). Ada pula yang sudah ngotot dengan berbagai cara agar sesuai syar’i, tapi terkendala di orang tua dan keluarga besar karena pemahaman mereka yang masih awam tentang agama.

Kisah kawan saya sendiri ada yang persis seperti itu, sudah berusaha berbagai cara agar no music, no ikhtilat, no riasan berlebihan, tapi qaddarallaah tetap susah untuk terwujud. Bahkan orangtuanya memberi ultimatum,

“Kalo nggak mau ikut cara kami, mending kamu nggak usah nikah!”.

Akhirnya dengan berat hati akhwat tadi menuruti keinginan orang tuanya, meski dia tahu hal tsb adalah kemungkaran. At least, dia sudah mencoba dengan pendekatan berbagai cara, tapi Allah juga yang menentukan hasilnya.

Sebelum hari H dia sms saya..

“Jangan kaget ya kalo nanti walimahnya begini dan begitu. Itu bukan keinginanku. Aku udah berusaha semampuku supaya syar’i tapi susah, alhamdulillaah alaa kulli haal.. Yang penting setelah ini aku udah nikah, udah punya qowwam.. Jadi aku mengutamakan mengambil manfaat yang lebih besar, dibandingkan mudharat jika aku terus menerus tinggal bareng orangtua. Aqidahku bisa tergerus.. Aku takut. .”

Mengetahui bagaimana berat perjuangan kawan saya tadi untuk mewujudkan pernikahan syar’i membuka mata saya, bahwa ada hal-hal di belakang layar yang tidak pernah saya ketahui dalam sebuah prosesi pernikahan. It made me think wiser and less become judgemental.

“Apabila sampai kepadamu dari saudaramu sesuatu yang kamu ingkari, maka berilah ia sebuah udzur sampai 70 udzur. Bila kamu tidak mendapatkan udzur, maka katakanlah, “Barangkali ia mempunyai udzur yang aku tidak ketahui.”  (Dikeluarkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman no 8344).

Dear ukhti.. Allah knows what struggle you’ve been through while people don’t. So don’t be sad.

Apapun keadaan antunna saat ini.. Semoga Allah memudahkan urusan antunna. Barakallaahu fiikunna🙂

~ Jakarta, Maret 2015.. terinspirasi dari status Facebook seorang kawan pagi ini..

© aisyafra.wordpress.com

[ image source: Tumblr ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s