Lihatlah Lebih Dekat

Stones and paper ship

Penggalan percakapan di suatu sore..

  • A: Hebat banget ya si X, cuma buka usaha begitu aja sekarang udah punya mobil sama rumah.
  • B: Jangan silau dulu, siapa tahu mobil atau rumahnya boleh kredit alias nyicil aka ngutang. Belum lagi kalo ternyata ngutangnya pake embel-embel riba.
  • A: Hmmm.. Iya sih ya๐Ÿ˜€

Not all that glitters is gold. Sometimes you may have take a closer look.

Mohonlah kepada Dzat Yang Maha Pemberi agar mencukupkan hati ini dengan rezeki yang halal sehingga yang haram tidak lagi menyilaukan mata. Dan agar Ia mencukupkan jiwa ini dengan karunia-Nya, agar tidak lagi bergantung kepada selain-Nya.

Dari Abu Wa-il (Syaqieq bin Salamah), katanya,

โ€œAda seseorang yang menghampiri Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu seraya berkata, โ€˜Wahai Amirul Mukminin, aku sudah tak mampu lagi mencicil uang untuk menebus kemerdekaanku, maka bantulah aku.โ€™ Ali menjawab, โ€˜Maukah kau kuajari beberapa kalimat yang pernah Rasulullah ajarkan kepadaku? Dengan membacanya, walaupun engkau menanggung utang sebesar gunung Shier, niscaya Allah akan melunasinya bagimu!โ€™ โ€˜Mauโ€™, jawab orang itu. โ€˜Ucapkan:

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูƒู’ููู†ููŠ ุจูุญูŽู„ูŽุงู„ููƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุญูŽุฑูŽุงู…ููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุบู’ู†ูู†ููŠ ุจูููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุนูŽู…ู‘ูŽู†ู’ ุณููˆูŽุงูƒูŽ

Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar dari yang Kau haramkan. Jadikanlah aku kaya karena karunia-Mu, bukan karena karunia selain-Mu.

(HR. Abdullah bin Ahmad dalam Zawa-idul Musnad No. 1319; At-Tirmidzi No. 3563 dan Al-Hakim 1/537. At-Tirmidzi mengatakannya sebagai hadis hasan, dan dihasankan pula oleh Syaikh Al-Albani. Sedangkan Al-Hakim mensahihkannya, via konsultasisyariah.com)

~ Jakarta, #RamadhanReflection Day 12

ยฉ aisyafra.wordpress.com

[ image source: Getty Images ]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s