Weekend Kemana? Ngaji Aja! :)

image

”Barangsiapa ingin menempati taman-taman surga di dunia, hendaklah dia menempati majlis-majlis dzikir.. karena ia adalah taman-taman surga..” (Ibnul Qayyim al Jauziyyah)

Salah satu nikmat pernikahan adalah ketika singgah ke taman-taman surga bersama mereka yang kita cinta..

Pas baru nikah dulu, bener-bener ngerasain nikmatnya ngaji berduaan. Ada kajian di manapun dikejar. Tabligh akbar di JIC Koja, Depok, Tangerang, Bogor, Istiqlal, hayuk ajah. Pulangnya makan di luar dulu. Sambil ngobrol-ngobrol di atas motor. Aih, romantis banget pokonamah :’)

Pas udah lama nikah #eh  dan udah punya anak, yang namanya ngaji, bisa dibilang sulit untuk berkonsentrasi. Apalagi kalau masih punya anak-anak kecil. Sibuk lari-lari ngejar mereka, sibuk jadi wasit, sibuk mondar mandir ngecek.. bikin ribut apalagi nih mereka. #sweatdrop

Sebelum ngaji, harus dipastikan amunisi sudah komplit. Mainan, check. Cemilan, check. Buku dan pensil warna, check. Diapers dan baju ganti, check. Cemilan pamungkas yang hanya akan dikeluarkan ketika dalam keadaan terdesak, check. Sampai pernah, saking ribetnya nyiapin printilan mereka, malah lupa bawa notes dan pulpen buat nyatet. Lah, ini mau ngaji apa mau piknik? Ahahaha.

Yes, weekly thalabul ‘ilmi is our favorite family time. Ketika banyak orang kota (baca: warga Jekardah) yang berbondong-bondong ngungsi ke luar kota pas akhir pekan, kami lebih suka nyari jadwal kajian yang memungkinkan untuk disinggahi. Yang paling penting, aman buat anak-anak karena ada space bermainnya, jadi aktifitas mereka nggak mengganggu jama’ah lainnya.

Rasanya kok ya malu gitu.. bisa sering jauh-jauh plesir wisata kesana kemari buat rihlah, tapi ngaji rutin aja nggak pernah. Paling sesekali aja kalo pas jadwalnya cocok. Well… Ya gitu deh kalo ngaji bukan jadi prioritas, cuma sekadar option ketika ada waktu luang aja.

Padahal yang ngasih kita kerjaan selama 5 hari sepekan siapa coba? Trus yang mencukupi rezeki kita sampai bisa beli ini itu, siapa juga? Sedang hak Allah untuk diibadahi.. PerintahNya untuk thalabul ‘ilmi.. Sudahkah kita penuhi?

“Lalu aku makin bersalah, ketika teringat hampir seluruh waktuku tersita untuk mengerjakan tugas-tugas dunia. Sedangkan untuk Allah hanya kuberi waktu sisa. Entah apa yang akan kukatakan padaNya, jika sedetik kemudian Dia memanggilku.” ~Tumblr

Padahal taman-taman surga itu pelepas penat paling efektif lho. Nambah ilmu, nambah pahala, nambah kedekatan dengan keluarga juga. Plus membiasakan keluarga kecil kita dengan suasana ta’lim sejak dini. Mengenalkan mereka akan pentingnya ilmu dan membuat mereka mencintai ilmu🙂

Bete, sumpek, jenuh? Wiken mau kemana? Ngaji aja! Yuk ngerecharge iman dengan rutin thalabul ‘ilmi. Bikin hidup jauh lebih hidup.

Maka bertamulah ke taman-taman surga..
Tempat dimana terlepas semua beban dunia.

Taman-taman surga..

Pelipur lara, pelepas dahaga
Penyejuk jiwa, penyembuh luka..

Taman-taman surga..

Sebuah tempat dimana ‘ku selalu merindu untuk berada di dalamnya..

Happy weekend ~!

 

~ On a bright Sunday morning of Jakarta, mid September 2015 ~

[ image source: Ukhti Little Shine via Muslim Designer Community ]

2 thoughts on “Weekend Kemana? Ngaji Aja! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s