Dear Socmed

Socmed  itu cuma selingan, tempat mampir sejenak saat ada waktu luang. Kehidupan utama, tempatnya bukan di dunia maya. Jadi jangan terlalu dimasukin ke hati, jangan sampai mempengaruhi suasana hari-hari, bahkan sampai terbawa ke dunia nyata.

Salah satu caranya, ciptakan suasana yang nyaman dan kondusif dalam ber-socmed. Pilih dengan siapa kita berinteraksi, sering-seringlah memfilter friendlist, bersih-bersih timeline. Kalau nggak tega nge-rimuv, monggo di-hide atau ignore aja. Nggak ada larangan, kok.

Social Media button on a keyboard with speech bubbles.

Jadi nggak perlu terpancing untuk mengomentari hal-hal yang nggak penting. Bergaul dengan mereka yang hobi drama, biang ribut, doyan flaming dan gemar berkata kasar, lama-lama kita akan menjadi terbiasa dan permisif dengan budaya itu.

Pastikan timeline socmed kita bersih dan hanya memberi pengaruh positif, karena bergaul dengan orang-orang yang positif banyak manfaatnya, begitu juga sebaliknya. Remember, you are whom you befriend with.

Socmedmu, rumahmu. Dirimu berhak untuk memilih siapa saja yang boleh masuk, juga mempersilakan siapa saja untuk keluar jika bagimu tak berkenan. Demikian juga halnya dengan akun socmed orang lain. Jangan lupakan adab-adab dalam bertamu dan memberi komentar.

Kalau memang masih dirasa kurang memberi manfaat bahkan malah banyak mudharat yang didapat dengan ber-socmed, maybe it’s a sign to quit. Hiatus sejenak atau tutup akun.

Simple, kan? 🙂

~ Jakarta di suatu siang, 8 November 2013.. repost from my old Tumblr post.

© aisyafra.wordpress.com

[ image source: Google ]

6 thoughts on “Dear Socmed

    • Nah.. Maka itu saya membatasi siapa saja teman dunia nyata yang perlu ‘ditarik’ masuk ke dunia maya and vice versa. Karena nggak setiap orang paham bahwa dua dunia tsb sangat berbeda dan ada etika yang harus dijaga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s