Islam and Women’s Rights

rose in a cup

Mereka bilang rumah adalah penjara bagi wanita muslimah, sebaliknya saya katakan rumah adalah istana tempat kami mendulang pahala. Ia adalah tempat ternyaman yang di dalamnya kami selamat dari menimbulkan fitnah dan terfitnah.

Mereka bilang hijab adalah bentuk penindasan terhadap hak-hak wanita, maka saya katakan bahwa hijab adalah mahkota. Lambang kehormatan dan identitas saya sebagai seorang muslimah, yang saya dengan bangga mengenakannya.

Mereka bilang Islam merendahkan kehormatan wanita dengan menempatkan pria sebagai pemimpin mereka.. Padahal sebagai seorang wanita, saya merasa bahwa kepemimpinan itu adalah bentuk perlindungan dan kasih sayang Allah kepada wanita.

Karena wanita diciptakan dari tulang rusuk yang paling bengkok, sifatnya setengah akal dan butuh untuk sering-sering diluruskan. Wanita fitrahnya dilindungi dalam penjagaan suami dan mahramnya.

Mereka membutuhkan bimbingan pria (baik sebagai ayah ataupun suami) untuk meluruskan dan mengingatkannya. Meluruskan dengan lemah lembut dan penuh hikmah, bukan dengan kasar sehingga akhirnya membuatnya patah. Bukan pula dengan kekerasan, tapi dengan kelembutan dan kasih sayang.

Meski begitu bukan berarti pria selalu benar dan wanita selalu salah. Bukan pula alasan bagi kaum pria untuk berlaku zalim dan sewenang-wenang kepada wanita. Pria sejati memperlakukan wanitanya dengan penuh penghormatan dan bukan sebaliknya.

Wanita diciptakan Allah sebagai pelengkap kaum pria. Dan sebaik-baik pria adalah mereka yang memperlakukan wanita dan keluarganya dengan sebaik-baiknya. Bila ada seorang pria muslim yang berakhlak buruk dan bejat, maka mereka bukan barometer pria muslim lainnya. Islam justru mewajibkan pria untuk berlaku baik terhadap para wanitanya.

Muslims aren’t perfect, Islam is. Don’t get confused.

Wanita memiliki hak-hak seperti halnya pria, walau tidak persis sama. Wanita memiliki hak untuk bebas berpendapat dan menentukan masa depannya, hak untuk dimintai persetujuan ketika seorang pria melamarnya, hak untuk mendapatkan pendidikan dan menuntut ilmu, hak mendapatkan bagian waris bahkan ia berhak mengajukan tuntutan cerai kepada suaminya bilamana alasannya memenuhi kaidah syar’i.

Islam begitu paripurna mengatur setiap sendi kehidupan manusia, termasuk mengatur hak dan kewajiban antara pria dan wanita dengan seimbang secara ma’ruf. Adil bukanlah sama rata, tapi adil adalah meletakkan sesuatu sesuai dengan porsinya.

Ketika Allah memerintahkan wanita untuk berhijab dan tetap tinggal di rumah, pasti ada maslahat di dalamnya. Begitu juga ketika Allah memerintahkan pria untuk keluar mencari nafkah dan berjihad ke medan perang, pasti ada maslahat di dalamnya. Maslahat yang sering dipandang oleh sebagian orang sebagai ketidakadilan.

Karena tidak ada satupun agama yang melindungi, menghormati, memuliakan dan menjaga hak-hak wanita sebagaimana Islam mendudukkan wanita. Baik sebagai ibu, sebagai istri, sebagai anak perempuan, juga sebagai saudari perempuan.

It’s amazing how Islam protects and liberates women at the same time, perfectly.

“Islam gave women the right to vote in the 7th century, when the rest of the world considered her to be an incomplete male and thus a lesser being. Islam gave women the right to own her own property and gave her share in inherited, when the rest of the world considered her a personal property and inherited her. Islam say that paradise is beneath the feet of our mothers, when many in the world sell their mothers and sisters in the name of art and culture.” ~Unknown

~ Jakarta, one chilly morning of February 2016.. Verily, one of the greatest blessing of women is to be a Muslimah. So be proud of that!

© aisyafra.wordpress.com

[ image source: Getty Images ]

3 thoughts on “Islam and Women’s Rights

  1. Assalamu alaikum …salam kenal ukhti
    Selalu senang membaca tulisan2nya,mnjd hikmah dan pnyemangat …semoga keberkahan dan rahmat Allah senantiasa menaungi ukht
    Bolehkah ijin share tulisan2nya untuk group sahabat/keluarga kami?
    Salam kenal ….. Arina semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s