Tabayyun

coffee2

  • A: Eh, kamu udah tau belum, katanya kan si Fulan begini dan begitu?
  • B: Enggak, kamu tau dari mana?
  • A: Dari si C. Malah katanya si Fulan ini bla-bla-bla.. Parah banget kan?
  • B: Kamu udah tabayyun langsung sama si Fulan?
  • A: Belum. Nggak usah lah. Masa sih si C bohong..
  • B: Lho kenapa? Bukannya kamu sama si Fulan deket ya? Apa nggak sebaiknya tanya langsung ke dia?
  • A: Males ah, nanti malah ribut. Ini antara kita-kita aja kok.
  • B: Loh kamu males tabayyun, tapi malah rajin nyebarin berita yang belum jelas kebenarannya. Gagal paham deh aku. Lagipula itu kan temanmu sendiri, kok kamu tega sih?
  • A: Aku kan cuma ngasihtau, mau percaya sukur, gak percaya ya udah. Gitu aja kok repot!
  • B: What the….???

In my opinion…

Ketika saya mendengar sesuatu yang menurut saya janggal, aneh, shocking, nggak beres, dll.. Langkah pertama yang saya lakukan adalah tabayyun langsung ke yang bersangkutan. Paling anti cuma berani kasak kusuk di belakang. Nggak banget deh.

Read More »

Advertisement