Behind The Closed Doors…

Hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari obrolan singkat dengan seorang teman pagi ini…

Nggak semua yang kita lihat itu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Ada yang kelihatannya hidup enak, karir sukses, bolak balik traveling, jalan jalan ke luar negeri.. Padahal di balik semua itu, usaha yang digelutinya tengah menuju kolaps dan hutangnya bertumpuk dimana-mana.

Ada yang kelihatannya bahagia, selalu menebar senyum dan tak pernah mengeluh.. Ternyata menyimpan beban berat dan persoalan hidup yang kita sendiri tidak tahu apakah diri ini mampu untuk menanggungnya.

Fokus pada hidup dan pencapaian sendiri jauh lebih penting daripada memikirkan keberuntungan dan iri pada kesuksesan orang lain. Kita nggak pernah tahu apakah seseorang itu benar-benar sukses dan bahagia, atau hanya mencitrakan dirinya sukses dan bahagia.

Jadi teringat sebuah pepatah Jawa…

“Urip iku mung sawang sinawang..”

Kita melihat orang lain hidupnya enak dan bahagia. Sedang orang lain menilai hidup kita jauh lebih bahagia.

Masing-masing saling memandang dengan tatapan kagum, tanpa pernah tahu bahwa hidup yang mereka kagumi, sebenarnya adalah jalan yang penuh duri dan liku.

Kenapa hidup kita terasa tidak enak? Karena kita sering membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain. Dan terus menerus membandingkan, hingga hilang rasa syukur itu dari jiwa kita.

Little did we know, that comparison is the thief of joy. Yang tadinya kita sangat menikmati hidup, ketika membandingkan hidup kita dengan orang lain, maka segala nikmat dan karunia yang kita miliki saat ini menjadi tak berarti.

Apapun yang kita lakukan, membangun sebuah bisnis, mengejar impian, atau sekadar menikmati hidup yang serba sederhana.. Jangan pernah membandingkan hidup dan pencapaian kita dengan orang lain. It’s unfair to you, and unfair to them.

Karena kita tidak pernah tahu, apa yang mereka alami untuk berada di posisi itu. Dan kita juga tak pernah tahu, apakah hidup dan kesuksesan mereka, aslinya sama seperti apa yang mereka tampilkan di luar sana.

We all struggle with something on the inside. Most of us just push it aside in public but when were alone that’s when it becomes real.

We never know the tears that kept hidden, the hard times they’ve been fighting for years, the pain that covered with smiles and laughters. We never know what really happens behind the closed doors.

Sometimes the life you complain, is the life someone else always dream about. Fokus pada piring sendiri membuat hati lebih ridha, jiwa lebih qana’ah, dan hidup lebih tenang. Insya Allah…

~ Jakarta, May 2018… just because someone looks happy, doesn’t mean they are. Because even a white rose has a black shadow..

© AISYAFRA.WORDPRESS.COM

[ image source: Pinterest ]

Advertisements

One thought on “Behind The Closed Doors…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.