Cinta, Janji-janji Manis, dan Rasionalitas Sempurna

“Badan lemas, tenggorokan sakit, mata berkunang kunang. Kata dokter sih, keracunan janji manis.” – Meme

Jadi ceritanya sore ini saya ngobrol santai di status Facebook dengan beberapa orang teman. Entah gimana awal mulanya, yang tadinya bahas soal berita hoax kok malah belok jadi bahas janji-janji manis 😆

Namanya juga perempuan, pertamanya bahas apa, beloknya kemana, ujungnya malah nyasar jauh banget dari garis start. Hahahaha. Siapa yang suka begini juga?

Read More »

Advertisements

Private vs. Secret Relationship

“If a relationship has to be a secret, you shouldn’t be in it…”

Pernikahan adalah ibadah. Ibadah yang sangat sakral, yang menyangkut dua manusia. Bukan ajang main-main atau coba-coba. Pernikahan adalah ibadah yang sangat lama, bahkan boleh jadi adalah ibadah yang terlama.

Pernikahan itu suci, sebuah perjanjian kuat seorang hamba dengan Khaliqnya. Mitsaqan ghalizha. Ia adalah satu dari sekian banyak momen penting dalam hidup manusia. Fase baru, rasa baru, dengan seseorang yang juga baru.

Read More »

Mesra di Dunia Maya, Mesra di Kehidupan Nyata?

“Hah, yang bener mereka pisah?? Bukannya di sosmed mesra abiss.. Ya ampun nggak nyangka bangett..”

“Si Fulanah bukannya baru nikah ya? Kok nggak pernah posting bareng sama suaminya, sih?”

“Dia masih sama istrinya yang itu kan? Kok sekarang nggak pernah lagi foto mesra berdua ya. Apa jangan-jangan…?”

Read More »

Suami Pelit

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik bagi keluarganya. Dan aku orang yang paling baik bagi keluargaku.” (HR. At Tirmidzi no: 3895 dan Ibnu Majah no: 1977 dari sahabat Ibnu ‘Abbas. Dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Ash Shahihah no: 285).

Pernah dengar tentang suami pelit? Suami yang sangat perhitungan dalam segala hal, bahkan dalam hal nafkah untuk anak istrinya. P-e-l-i-t ya, bukan hemat. Karena bagi saya dua hal tersebut sangat jelas berbeda.

Ia bukannya miskin atau tak mampu. Ia mampu, sanggup, berada, tapi sengaja menahan hak orang lain (dalam hal ini anak dan istrinya) karena sifat pelitnya tersebut.

Read More »

“Now I Know How it Feels…”

Tersebutlah dua orang ikhwan dan akhwat, akhwat A dan ikhwan B. A berstatus single, sedang B telah memiliki pasangan. A dan B, saling berteman, dan sering interaksi di sosmed.

Berbalas komen tanpa udzur syar’i, membicarakan hal-hal yang sama sekali nggak penting. Intinya mereka berdua sangat kelihatan ikrib dengan kedekatan yang tidak wajar, meski bukan mahram.

Read More »