Bijak Dalam Menerima dan Menyebarkan Berita

old-pens

“If you’re not careful, the newspapers will have you hating the people who are being oppressed, and loving the people who are doing the oppressing.” —Malcolm X

Dalam situasi yang serba simpang siur, di mana kebenaran dibelokkan demi tujuan dan kepentingan pihak tertentu, ada baiknya lebih berhati-hati dalam mempercayai suatu berita yang sampai, untuk kemudian menyebarkannya.

Terlebih dari media atau sumber yang tidak jelas kredibilitas dan sifat amanahnya, atau sudah jelas keberpihakannya terhadap satu kubu tertentu.

Jika kita tidak cerdas, media dapat menggiring opini pembacanya, memutarbalikkan fakta, meyakinkan pembacanya bahwa pelaku adalah korban, dan korban adalah pelaku.

Bersikap hati-hati, kritis dan skeptis lebih baik. Cermat dalam menimbang segala sesuatunya. Lebih baik menahan diri dari melakukan suatu hal yang belum pasti, sampai datangnya bukti.

Jangan mudah terprovokasi dan tersulut emosi. Jangan mudah membagikan suatu berita yang belum jelas kebenarannya. Think and act smart.

Jangan mudah menjatuhkan vonis terhadap saudara sesama Muslim, atas perkara yang belum kita ketahui jelas kebenarannya.Tahan lisan dan jari kita dari melakukan sesuatu yang boleh jadi akan kita sesali setelahnya.

Do’akan, do’akan dan do’akan kebaikan untuk negara ini, para pemimpin dan saudara-saudara kita se-Islam, di mana pun mereka berada. The power of prayer is real. The best weapon for the believers is duu’a.

Tetaplah berpegang teguh pada Al Qur’an dan Sunnah dalam menghadapi syubhat-syubhat di zaman fitnah. Hakikat kebenaran pasti akan tampak, meski seluruh manusia berusaha untuk memadamkannya.

Cara terbaik untuk mencintai dan membela agama ini adalah dengan mengetahui isi dari buku pedomannya yaitu Al Qur’an. Mempelajarinya, mengamalkannya, dan mendakwahkannya. Maka dengan sendirinya musuh-musuh Allah akan gentar, biidznillaah.

Jangan pernah lupa akan kisah Perang Badar, di mana jumlah kaum Muslimin yang sedikit tidak menghalangi mereka untuk meraih kemenangan, karena kualitas keimanan dan kecintaan mereka terhadap Islam yang tidak lagi diragukan. Quality over quantity.

Keep stand strong and grip on the sunnah firmly.. Verily Allah is with us ❤

~ Jakarta, dikutip dari status Facebook awal November lalu..

© aisyafra.wordpress.com

[ image source: Pinterest ]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s